7 Mar 2010

Misteri Meninggalnya Mozart*

Cukup lama para peniliti berusaha memprediksi jenis penyakit yang mengancam kehidupan Mozart seorang komposer jenius dari Austria, waktu itu dia masih berumur kurang dari tiga puluh lima tahun. Sebagian ada yang berprasangka bahwa dia terkena penyakit Sifilis, sebagian lagi beranggapan bahwa dia hanya terkena penyakit Rematik yang disertai demam, ada pula yang meyakini bahwa Mozart terjangkit sebuah parasit, dan bahkan ada yang berani memastikan Mozart di racun oleh saingan terbesarnya Antonio Salieri.

Namun sekarang sudah jelas penyakit yang menimpa Mozart, sebagaimana disebutkan oleh Medical Journal "Annals of Internal Medicine", terkait penelitian yang dilakukan oleh penilliti Belanda dibawah naungan Organisasi peneliti dari Universitas Amsterdam. pada tahun 1791 penyakit radang tenggorokan ganas menyebar di kota Vienna dimana Mozart tinggal, menurut laporan resmi pemerintah penyaki ini telah membunuh banyak orang di kota itu.

Gejala penyakit radang tenggorokan menyerang Mozart bersamaan dengan penyakitnya yang sudah lama, hal ini terjadi menjelang meninggalnya Mozart, jadi yang paling bisa dipercaya penyakit inilah yang menimpanya hingga berujung pada kematian.

Awalnya para peneliti berbeda pendapat, apakah radang tenggorokan atau penyakit "Scarlet fever" yang menyerang Mozart. Namun mereka segera menyadari bahwa penyakit scarlet fever tidak sepenuhnya menimpa Mozart, justru pada saat itu penyakit radang tenggorokanlah yang tengah marak.

Menurut pendapat yang beredar dizamannya, Mozart terjangkit penyakit radang dan demam yang disertai pembengkakan ditenggorokan, setelah itu ia juga terjangkit kram dan ruam. Seluruh gejala penyakit tersebut menyatu diradang tenggorokan yang akhirnya menimbulkan pembengkakan total pada tubuhnya, hingga akhirnya menyebabkan kematian Mozart. Kakak ipar Mozart, Sophie Haibel menceritakan bahwa radang yang menimpa Mozart sangatlah akut, sampai Mozart tak mampu menggerakkan kepalanya walaupun ia bsedang berada ditempat tidur. Namun ia masih dalam keadaan sadar, dan "kecerdasan otaknyapun tetap abadi selamanya".


*Mozart adalah seorang komposer musik yang terkenal
Comments
1 Comments