1 Feb 2009

Gunung Muria

Gunung Muria adalah sebuah gunung di wilayah utara Jawa Tengah bagian timur, yang termasuk kedalam wilayah Kabupaten Kudus disisi selatan, disisi barat laut dengan Kabupaten Jepara, dan di sisi timur dengan Kabupaten Pati. Dikawasan ini terdapat tempat yang sangat legendaris peninggalan Wali Songo, yaitu pesanggrahan di kawasan puncak Gunung Muria yang dalam sejarah negeri ini merupakan basis pesanggrahan dimana Kanjeng Sunan Muria menyebarkan agama Islam di tanah Jawa. Di sini pulalah Sunan Muria dimakamkan.
Gunung Muria mempunyai ketinggian 1.602 meter dari permukaan laut. Memiliki beberapa puncak yang tinggi diantaranya puncak Songolikur, puncak Argowiloso, puncak Argojembangan dan puncak Abiyoso. Namun yang tertinggi adalah puncak Songolikur atau disebut juga dengan Saptorenggo yang mana mempunyai ketinggian 1.602 meter dari permukaan air laut.
Makam Sunan Muria sendiri terletak diatas salah satu bukit. sehingga para peziarah yang hendak berziarah harus mendaki anak tangga kurang lebih sejauh 500 meter. Meskipun berat namun hal itu menjadi terasa ringan karena sepanjang perjalanan berjajar kios-kios yang menyediakan berbagai macam souvenir dan juga para penjual makanan serta minuman sehingga para peziarah bisa beristirahat sejenak sambil memilih souvenir atau mampir ke warung untuk sekedar minum.


Bagi yang tidak kuat mendaki anak tangga bisa memilih jasa tukang ojek. Dengan jasa ini selain bisa menghemat stamina, selama perjalanan kita akan disuguhi pemandangan pegunungan yang menarik, sejuk dan rindang.

Terdapat juaga air terjun yang disebut sengan Air Terjun Montel, bisa di akses denngan jalan kaki dari makam Sunan Muria dan bisa juga dengan kendaraan roda dua. Jika masih kuat mendaki maka ada yang dinamakan dengan Air Tiga Rasa Terletak di Rejenu. Obyek ini terdiri atas Makam Syeh Sadzli dan tiga sumber mata air yang meski berdekatan namun memiliki rasa yang berbeda. Air ini dipercaya mempunyai berbagai khasiat.Selain itu di Muria juga terdapat banyak bumi perkemahan yang memukau dan indah.
Comments
0 Comments